Dumb Ways To Die : iklan layanan masyarakat yang kreatif | Pamungkas [dot] id
logo blog
Selamat Datang di Pamungkas [dot] id
Terima kasih atas kunjungan Anda di Pamungkas.id, silahkan tinggalkan komentar atau email ke jiwa.pamungkas@gmail.com untuk berdiskusi
Disclaimer: Blog ini merupakan blog personal, Penulis tidak bertanggung jawab terhadap segala bentuk kesalahan dan kerugian akibat penggunaan data dalam blog
baik secara langsung maupun tidak langsung. Terutama yang berkaitan dengan data teknis. Jadilah netizen yang bijak.

Dumb Ways To Die : iklan layanan masyarakat yang kreatif

Pamungkas.id - Aspek Keselamatan terutama di bidang transportasi menjadi hal yang krusial mengingat masih tingginya angka kecelakaan akibat transportasi. Hal ini menyita perhatian pemerintah di banyak negara. Kampanye dan edukasi masyarakat terus di lakukan. Kampanye kreatif yang layak diapresiasi adalah yang dilakukan Metro Trains , perusahaan penyedia jasa kereta api di Australia. Perusahaan ini menciptakan karakter animasi yang lucu dan menarik melalui apa yang kemudian dikenal sebagai kampanye “Dumb Ways to Die”. Kampanye ini berupa video menampilkan humor sarkastik tentang tingkah- tingkah konyol  tokoh animasi yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Kampanye ini sendiri dimulai sejak November 2012 yang didesain oleh agensi iklan Mc Cann, Melbourne. Ide awal kampanye ini adalah untuk menarik perhatian masyarakat yang umumnya acuh terhadap iklan layanan masyarakat. Hal ini terbukti berhasil dengan dikenal luasnya toko- tokoh animasi dalam “Dumb Ways to Day” baik di jejaring sosial maupun media lainnya.  Kampanye inipun berhasil menekan angka kecelakaan di sekitar perlintasan kereta api sampai dengan 30 % dari periode November 2012- Januari 2013.
Dumb_Ways_to_Die

Video Kampanye tersebut dikembangkan oleh Pat Baron (Produser), Julian Frost (Animator) dan diproduksi oleh Cinnamon Darval. Video tersebut menampilkan 21 karakter yang melakukan tindakan bodoh yang menyebabkan kematian, dan diakhir video 3 karakter terbunuh oleh kereta api. Respon positif dari masyarakat dibuktikan hanya dalam waktu 72 jam video tersebut telah ditonton 4,7 juta kali oleh pengguna Youtube . Hingga saat ini (19/7/14) Video tersebut telah ditonton 85 juta kali. Wow!!
Faktor lain “Dumb Ways to Die” menjadi menarik adalah lagu yang mengiringinya sangat easy listening. Lagu dengan judul yang sama ini liriknya ditulis oleh John Mescall, aransemen musik oleh Ollie McGill dari The Cat Empire dan vokal dinyanyikan oleh Emily Lubitz (vokalis Tinpan Orange) dibantu McGill sendiri sebagai backing vokal. Lagu ini juga dirilis di iTunes dengan nama penyanyi “Tangerine Kitty” (Gabungan dari Tipan Orange dan Cat Empire).
Berikut video tersebut di Youtube
video dumb ways to die

Set fire to your hair
Poke a stick at a grizzly bear
Eat medicine that's out of date
use your private parts as piranha bait
Chorus:
Dumb ways to die
So many dumb ways to die
Dumb ways to die
So many dumb ways to die

Get your toast out with a fork
Do your own electrical work
Teach yourself how to fly
Eat a two-week-old unrefrigerated pie

Chorus:
Dumb ways to die
So many dumb ways to die
Dumb ways to die
So many dumb ways to die

Invite a psycho-killer inside your house
Scratch a drug dealers brand new ride
Take your helmet off in outer space
Use your clothes dryer as a hiding place

Chorus:
Dumb ways to die
So many dumb ways to die
Dumb ways to die
So many dumb ways to die



Keep a rattlesnake as a pet
Sell both your kidneys on the Internet
Eat a tube of superglue
I wonder, what's this red button will do?

chorus:
Dumb ways to die
So many dumb ways to die
Dumb ways to die
So many dumb ways to die

Dress up like a moose during hunting season
Disturb a nest of wasps for no good reason
Stand on the edge of a train station platform
Drive around the boom gates at a level crossing
Run across the tracks between the platforms

They may not rhyme but they're quite possibly
The dumbest ways to die
The dumbest ways to die
The dumbest ways to die
So many dumb
So many dumb ways to die
die die die die die die die die

Be safe around trains. A message from Metreo see you later or next time when you play or hear the song



Bagaimana? bagus kan lagunya.. Untuk kampanyenya sendiri masih dilakukan sampai sekarang, bahkan tersedia Gamenya di iPhone. Info lebih lanjut dapat diakses melalui situs DWTD
Kesuksesan kampanye DWTD menginspirasi banyak orang melakukan hal yang sama, mengkampanyaken keselamatan melalui karakter- karakter lucu sehingga menarik minat masyarakat. Video parodi tentang DWTD pun bermunculan di situs youtube. di Indonesia sendiri Kementerian Pekerjaan Umum merilis iklan edukasi yang mirip dengan kampanye DWTD, akan tetapi dengan menghilangkan sarkasme dan dark-humor nya agar menyentuh semua lapisan masyarakat. Kampanye ini dirilis dalam rangka mudik hari Raya Idul Fitri 2014 “Ayo Mudik- Selamat PUlang Kampung, PUlang kampung Harus Selamat”. berikut videonya
Ayo Mudik–Selamat PUlang Kampung
Apresiasi harus kita berikan sebagai masyarakat dengan munculnya pendekatan- pendekatan baru dalam mengedukasi masyarakat. Respon positif pun seharusnya kita berikan dengan lebih memperhatikan himbauan- himbauan utamanya yang berkaitan dengan keselamatan bersama.
Keep Safety..

@Cocoricodisko
Enter your email address to get update from Coco.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments

Buat ulasan ini jauh lebih menarik dengan mengirim komentar dan saran, bisa juga melalui e-mail: jiwa.pamungkas@gmail.com, atau twitter @cocoricodisko. Thanks

Copyright © 2014. Pamungkas [dot] id - All Rights Reserved | Privacy Policy | Template Created by Coco Proudly powered by Blogger
close