Pamungkas.id - Aspek Keselamatan terutama di bidang transportasi menjadi hal yang krusial mengingat masih tingginya angka kecelakaan akibat transportasi. Hal ini menyita perhatian pemerintah di banyak negara. Kampanye dan edukasi masyarakat terus di lakukan. Kampanye kreatif yang layak diapresiasi adalah yang dilakukan Metro Trains , perusahaan penyedia jasa kereta api di Australia. Perusahaan ini menciptakan karakter animasi yang lucu dan menarik melalui apa yang kemudian dikenal sebagai kampanye “Dumb Ways to Die”. Kampanye ini berupa video menampilkan humor sarkastik tentang tingkah- tingkah konyol tokoh animasi yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Kampanye ini sendiri dimulai sejak November 2012 yang didesain oleh agensi iklan Mc Cann, Melbourne. Ide awal kampanye ini adalah untuk menarik perhatian masyarakat yang umumnya acuh terhadap iklan layanan masyarakat. Hal ini terbukti berhasil dengan dikenal luasnya toko- tokoh animasi dalam “Dumb Ways to Day” baik di jejaring sosial maupun media lainnya. Kampanye inipun berhasil menekan angka kecelakaan di sekitar perlintasan kereta api sampai dengan 30 % dari periode November 2012- Januari 2013.
Bagaimana? bagus kan lagunya.. Untuk kampanyenya sendiri masih dilakukan sampai sekarang, bahkan tersedia Gamenya di iPhone. Info lebih lanjut dapat diakses melalui situs DWTD
@Cocoricodisko
Video Kampanye tersebut dikembangkan oleh Pat Baron (Produser), Julian Frost (Animator) dan diproduksi oleh Cinnamon Darval. Video tersebut menampilkan 21 karakter yang melakukan tindakan bodoh yang menyebabkan kematian, dan diakhir video 3 karakter terbunuh oleh kereta api. Respon positif dari masyarakat dibuktikan hanya dalam waktu 72 jam video tersebut telah ditonton 4,7 juta kali oleh pengguna Youtube . Hingga saat ini (19/7/14) Video tersebut telah ditonton 85 juta kali. Wow!!
Faktor lain “Dumb Ways to Die” menjadi menarik adalah lagu yang mengiringinya sangat easy listening. Lagu dengan judul yang sama ini liriknya ditulis oleh John Mescall, aransemen musik oleh Ollie McGill dari The Cat Empire dan vokal dinyanyikan oleh Emily Lubitz (vokalis Tinpan Orange) dibantu McGill sendiri sebagai backing vokal. Lagu ini juga dirilis di iTunes dengan nama penyanyi “Tangerine Kitty” (Gabungan dari Tipan Orange dan Cat Empire).
Berikut video tersebut di Youtube
video dumb ways to die
Set fire to your hair
Poke a stick at a grizzly bear
Eat medicine that's out of date
use your private parts as piranha bait
Dumb ways to die So many dumb ways to die Dumb ways to die So many dumb ways to die Get your toast out with a fork Do your own electrical work Teach yourself how to fly Eat a two-week-old unrefrigerated pie Chorus: Dumb ways to die So many dumb ways to die Dumb ways to die So many dumb ways to die Invite a psycho-killer inside your house Scratch a drug dealers brand new ride Take your helmet off in outer space Use your clothes dryer as a hiding place Chorus: Dumb ways to die So many dumb ways to die Dumb ways to die So many dumb ways to die | Keep a rattlesnake as a pet Sell both your kidneys on the Internet Eat a tube of superglue I wonder, what's this red button will do? chorus: Dumb ways to die So many dumb ways to die Dumb ways to die So many dumb ways to die Dress up like a moose during hunting season Disturb a nest of wasps for no good reason Stand on the edge of a train station platform Drive around the boom gates at a level crossing Run across the tracks between the platforms They may not rhyme but they're quite possibly The dumbest ways to die The dumbest ways to die The dumbest ways to die So many dumb So many dumb ways to die die die die die die die die die Be safe around trains. A message from Metreo see you later or next time when you play or hear the song |
Kesuksesan kampanye DWTD menginspirasi banyak orang melakukan hal yang sama, mengkampanyaken keselamatan melalui karakter- karakter lucu sehingga menarik minat masyarakat. Video parodi tentang DWTD pun bermunculan di situs youtube. di Indonesia sendiri Kementerian Pekerjaan Umum merilis iklan edukasi yang mirip dengan kampanye DWTD, akan tetapi dengan menghilangkan sarkasme dan dark-humor nya agar menyentuh semua lapisan masyarakat. Kampanye ini dirilis dalam rangka mudik hari Raya Idul Fitri 2014 “Ayo Mudik- Selamat PUlang Kampung, PUlang kampung Harus Selamat”. berikut videonya
Ayo Mudik–Selamat PUlang Kampung
Apresiasi harus kita berikan sebagai masyarakat dengan munculnya pendekatan- pendekatan baru dalam mengedukasi masyarakat. Respon positif pun seharusnya kita berikan dengan lebih memperhatikan himbauan- himbauan utamanya yang berkaitan dengan keselamatan bersama.
Keep Safety..@Cocoricodisko